Selasa, 05 April 2011

Jelang Unas, Ribuan Pelajar Berdoa Di Makam Gus Dur

Jombang, Bhirawa
Jelang pelaksanaan Ujian Nasional, yang akan dilaksanakan serentak pada 18 April mendatang, sekitar 6 ribu pelajar SMA melakukan doa bersama. Doa bersama dilakukan di masjid Ulul Albab dan dilanjutkan berziarah ke Makam Mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid di PP Tebuireng Jombang.


Wakil bupati Jombang, Widjono Soeparno mengatakan doa bersama salah satu upaya penguatan mental spritual pelajar dalam menghadapi ujian nasional. Disamping upaya maksimal yang telah dilakukan sekolah menggembleng siswanya dengan menmabah jam pelajaran dan try out.” Kita juga ingin menguatkan mental peserta Ujian Nasional dengan melakukan doa bersama, istighosah,”ujarnya usai pelaksanaan doa bersama, Selasa (5/4) mengatakan.
Dalam doa dan istighosah yang didahului dengan shalat hajat, ribuan pelajar nampak nampak khusuk mengikuti jalannya doa bersama tersebut. Usai doa di Masjid Ulul Albab, para pelajar melanjutkan ziarah ke makam Gus Dur yang terletak di komplek PP Tebuireng jombang.
Plt kepala Dinas pendidikan, Muntholib mengatakan peserta UN pada tahun 2011 ini sebanyak 15.683 mereka terdiri dari relajar SMA sebanyak 5.032 siswa, SMA LB 15 siswa, MA sebanyak 3.881 siswa. Sedangkan peserta dari SMK sebanyak 6.755 siswa. ”Target kita mereka lulus semua, karena hasil try out yang dilakukan sekolah-sekolah hasilnya cukup bagus,”tuturnya.
Target itu, lanjut Muntholib berdasarkan asumsi keberhasilan pada tahun sebelumnya, yakni 99,9 persen peserta UN di kabupaten Jombang lulus.” Meski pada ujian sebanyak 85 peserta awalnya tidak lulus, namun setelah ulangan hanya 1 yang tertinggal,”imbuhnya.
Muntholib juga meminta pelajar mengurangi bermain internet atau facebook, dan lebih memaksimalkan belajar. rur

Tidak ada komentar: