Selasa, 05 April 2011

24 M Dana DAK 2010 Dinas Pendidikan Belum Terserap

Jombang, Bhirawa
Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pendidikan kabupaten Jombang 2010 hingga kini belum terserap semua. Dari Rp 32 Miliar yang dikucurkan pemerintah pusat baru terserap Rp 8 miliar untuk pembangunan fisik.
Plt Kepala Dinas Pendidikan Muntholib mengatakan sekitar Rp 24 miliar dana alokasi khusus diakuinya belum terserap. Alasannya, karena juknis untuk pelaksanaannya waktu itu belum turun.” Disamping waktunya sangat mendesak sehingga dana itu belum bisa diserap,”jelasnya, Senin (4/4) kepada bhirawa.
Dikatakannya, sebenarnya dinas pendidikan pada 2010 mendapatkan DAK sebesar Rp 32 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan fisik 30 persen dan pengembangan mutu pendidikan sebesar 70 persen. ” Yang fisik sudah terserap sedangkan yang pengembangan mutu sebesar Rp 24 miliar belum dilaksanakan, insyaallah segera dilaksanakan,”bebernya.
Belum terserapnya DAK yang akan di peruntukkan untuk pengembangan mutu pendidikan ini karena dibutuhkan persiapan pelaksanaan diantaranya harus lelang. Dana itu juga masih bisa diserap pada tahun ini. ” Dana itu akan masuk silfa dan akan diserap pada 2011 ini,”imbuh Muntholib seraya mengatakan penyerapan akan segara dilakukan pada bulan ini.
Sesuai dengan alokasi yang telah ada, dikatakannya sebanyak 90 Sekolah dasar (SD) dan 20 SMP yang akan mendapatkan alokasi dana pengembangan mutu pendidikan dari APBN ini.” Nilainya berfariasi, antara Rp 90 juta hingga Rp 200 juta per sekolah, ada yang untuk pengembangan perpusatakaan, alat peraga, buku dan Lab,”tandasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), dr Budi Nugroho membenarkan dana DAK bidang pendidikan 2010 yang belum terserap sebanyak 24, 336 miliar. Sedangkan pada tahun 2011 ini Dinas pendidikan kembali memperoleh DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp 28.609 miliar. rur

Tidak ada komentar: