Minggu, 09 November 2008

KarSa Unggul 11.219 Suara


Perhitungan Manual KPU Di Warnai Protes
Jombang, Bhirawa
Perhitungan manual pilgub Jatim putaran ke II di KPU kabupatean Jombang, Sabtu (8/11) diwarnai protes Tim Khofifah- Mudjiono (KAJI). Pasalnya, dalam penghitungan KPU suara KAJI dibeberapa Kecamatan mengalami penyusutan dengan selisih sekitar seribu suara.


Protes penghitungan manual itu disampaikan coordinator Tim KAJI, Yasir yang mengatakan bahwa hasil rekap suara yang diperoleh saksi KAJI di TPS-TPS berbeda dengan penghitungan KPU. Perolehan suara KAJI di beberapa kecamatan mengalami penyusutan. “ Selisih suara antara hasil rekap para saksi Kaji dengan KPU ada sekitar seribu suara,” katanya sebaliknya, suara Karsa mengalami penambahan yang lumayan besar.
Yasir yang juga bendahara DPC PPP Jombang inii membeberkan beberapa suara KAJI yang menyusut diantaranya adalah perolehan suara di Kecamatan Bareng. Berdasarkan data perhitungan dari para saksi, pasangan Kaji mendapat 13.288 suara. Namun hasil rekap KPU menjadi 12.941 suara. Sebaliknya pasangan Karsa naik dari semula 9.714 menjadi 9900 suara. Hal sama juga terjadi di Kecamatan Kudu, Kesamben dan Jogoroto. Sebaliknya, pasangan Karsa bertambah cukup signifikan.
Karenanya, pihaknya ketika diminta menandatangai berita acara hasil penghitungan KPU menolak. Tim KAJI meminta agar KPU melakukan klarifikasi hasil setiap TPS di kecamatan tersebut. “Sebelum ada klarifikasi pada setiap TPS di kecamatan yang kita sebut diatas, saya belum bisa menandatangani berita acara penetapan hasil penghitungan suara KPU,” ujarnya.
Atas protes tersebut, Erfan Effendi, Ketua KPU Jombang minta agar Tim Kaji menunjukkan bukti rekap pernghitungan di masing-masing TPS yang diperoleh para saksi. Sebaliknya, KPU juga akan membuka dokumen hasil perolehan suara di masing-masing TPS.
Namun tim KAJI tidak bisa menghadirkan saksi, meski pleno sempat diskorsing selama 30 menit. Dan akhirnya tim KAJI harus rela menandatangai hasil pleno KPU yang menetapkan pasnagan KarSa menang atas pasnagan KAJI dengan selisih 11.219 pemilih.
Dari perhitungan manual Pilggub Jatim putaran ke II untuk kabupaten Jombang hasilnya, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) unggul dari pasangan KAJI. Pasangan Karsa memperoleh 268.202 suara atau 51,07% dan pasangan Khofifah Indarparawangsa-Mujiono (Kaji) mendulang suara 256.983 suara atau 48,93% sedangkan suara tidak sah mencapai 21.208 suara. Rur

Tidak ada komentar: