Senin, 30 Juni 2008

Amankan Pilkada, Polres Siapkan 1. 296 Personel


Kapolres AKBP Drs. M Khosim


Dekati Tokoh Masyarakat
JOMBANG- Bhirawa
Sebanyak 1.296 personel disiagakan Polres Jombang, dalam menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah kabupaten Jombang yang bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, 23 Juli mendatang.
Kapolres Jombang, AKBP. M Khosim mengatakan, untuk mengantisipasi pelaksanaan pilkada Jombang agar berjalan sukses dan kondusif, pihaknya lebih menekankan pendekatan dan melakukan tindakan preventif dan Edukatif dalam mengamankan. Hal ini lanjutnya, sudah dilakukan sejak dini dengan menerjunkan sebanyak 728 anggota untuk melakukan pendekatan terhadap para tokoh masyarakat dan tokoh agama dan tokoh desa. “Yang kita lakukan sekarang adalah pendekatan terhadap simpul-simpul masyarakat. Anggota kita tekankan untuk mendekati beliau-beliau setiap malam dengan selalu bersilaturrahmi ke desa-desa. Ini kan secara tidak langsung bias melihat kondisi dan situasi menjelang pilkada,’tandasnya.
Kultur dan budaya di kabupaten Jombang, dikatakan mantan Kapolres Bangkalan ini berbeda dengan daerah lain. Masyarakat kota santri ini lebih demokratis dalam menghadapi pilkada. Salah satu buktinya adalah calon yang tidak lolos menjadi kontestan pilkada 23 Juli mendatang, hadir bersama pasangan calon-calon lain yang lolos dalam kegaiatan polres beberpa waktu lalu.” Demo pun, mereka tidak anarkhir, malah membaca pujian-pujian dan shalawatan,”ujarnya.
Meski demikian pihaknya juga mengantisipasi adanya broker-broker pilkada dari daerah lain yang akan masuk ke Jombang saat pelaksanaan natinya. “ Ada beberapa titik yang telah kita deteksi, untuk mendapatkan penjagaan dan pengamanan,”tandasnya seraya menyebut pintu masuk dari Kabupaten Nganjuk, Megaluh, bandarkedungmulyu dan Ploso sedangkan pintu masuk dari arah kabupaten Kediri, pengaman difokuskan pada Ngoro dan Gudo.
Untuk pilkada Jombang yang bersamaan dengan pilgub, petugas keamanan yang akan terlibat sebanyak sebanyak 7902, mereka terdiri dari Polisi, 336 TNi, 306 Satpol PP serta petugas Linmas sebanyak 4090.ramadlan

Tidak ada komentar: