Selasa, 01 Juli 2008

DPT Lambat, Panwas Tegur KPU

Jombang, Bhirawa
Panitia Pengawas (panwas) pilkada kabupaten Jombang, Selasa (2/7) menegur KPU setempat. Pasalnya, KPU dinilai lambat karena hingga kini belum Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pilkada kabupaten Jombang, 23 Juli mendatang belum juga diterbitkan.
Ketua Panwslu Kabupaten, Hj Ainaul Mardliyah mengatakan, pihaknya berkewajiban mengingatkan kepada KPU dengan mengirmkan surat peringatan terkait belum diterbitkannya DPT. Hal ini menurutnya menyalahi keputusan KPU No; 07/2008 tentang tahapan pilkada. “ Seharusnya DPT sudah tetapkan dan diterbitkan, mengapa sampai hari ini belum,”ujarnya saat ditemui dikantornya kemarin.
Karena keterlambatan ini Panwas memperingatkan KPU agar, DPT segera diterbitkan mengingat pelaksanaan pilkada Jombang yang berbarengan dengan pilgub Jatim tinggal 22 hari lagi.” Kita minta DPT segera ditetapkan dan selanjutnya diumumkan,”tandasnya menambahkan.
Ketua KPU Erfan Efendy mengatakan bahwa DPT pilkada sudah selesai, dan tinggal menunggu pengesahan dari PPK. Namun Erfan belum berani menyebutkan berapa jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT, karena belum ada pengesahan dari PPK. “ Rencananya besuk, (hari ini, Rabu 2/7) PPK akan dikumpulkan untuk membahas DPT. Insyaallah lusa sudah bisa diumumkan semuanya,”jawabnya.
Meski tidak menyebut jumlah DPT, namun untuk jumlah TPS Erfan mengatakan, TPS yang telah disetujui untuk pelaksanaan pilkada, 23 Juli mendatang berjumlah 2029. Jumlah TPS ini berarti lebih sedikit dari prakiraan awal yang rencananya TPS sebanyak 2.045 lokasi.
Sementara itu, pihak rekanan, dari CV Stracopa Raya, yang memenangkan tender untuk cetak kartu pemilih, kemarin juga nampak mengambil draf data pemilih tetap (DPT). “ Kita harap mendapatkan secepatnya, karena tanggal 10 sudah harus selesai cetakannya, ”ujar Triyudi ditemui di KPU seraya mengatakan untuk mencetak kartu pemilih harus ada daftar pemilih yang telah ditetapkan KPU. rur

Tidak ada komentar: