Rabu, 30 Juli 2008

Golput Jombang Kalahkan Lima Cagub

Jombang, Bhirawa
Pemilih yang tidak menggunakan haknya atau Golput dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim di kabupaten Jombang 23 Juli lalu ternyata masih tinggi. Bahkan, suara golput mengalahkan kelima pasangan kontestan calon gubernur dan cawagub.
Ketua Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara KPUD Kabupaten Jombang, Medan Amrullah mengatakan, dari total suara yang telah masuk dan selesai dilakukan rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten, suara sah untuk pilgub Jatim sebanyak 623.170 suara. “ Sedangkan suara tidak sah tercatat sebanyak 57.597 suara.,”ujarnya, Rabu (30/7) seraya mengatakan pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk gubernur dan wakil gubernur sebanyak dari 961.971 pemilih. Sehingga diketahui jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 271.204 orang.

Sedangkan, hasil rekapitulasi surat suara di KPU diketahui, pasangan nomor urut Lima, Soekarwo- Saipul unggul dibandingkan dengan empat pasangan lain. Pasangan yang dikenal dengan KarSa ini dikabupaten Jombang berhasil menarik simpati dengan mendapatkan sebanyak 189.125 suara, disusul pasangan nomor urut satu, Khofifah- Mudjiono (KAJI) dengan perolehan sebanyak 172.015 suara.
Sementara itu, pasangan nomor urut tiga, Soenarjo- Ali Maschan (SALAM) tetap sesuai dengan nomor urutnya yakni pada posisi tiga dengan perolehan suara sebanyak 130.640. Dan pasangan Achmadi- Hartono (ACHSAN) hanya pada posisi terakhir dengan meraup suara sebanyak 35.271.
Yang cukup mengejutkan adalah perolehan suara pasangan yang diusung PDIP, Sutjipto-Ridwan (SR). meski calon bupati yang diberangkatkan PDIP Jombang menang mutlak dengan perolehan suara sebanyak 353. 255 suara, pada pilbup yang digelar bersamaan dengan pilgub 23 Juli lalu, Namun pasangan nomor urut dua ini, hanya perolehan suara sebanyak 96.119. ramadlan

Tidak ada komentar: