Senin, 28 Juli 2008

Enam Mayat Korban Ryan ditemukan


* Pembongkaran Dipadati Ribuan Massa
Jombang, Bhirawa
Ribuan warga memadati lokasi pembongkaran kuburan massal korban pembunuhan yang dilakukan, Ferry Idam Heryansah (30) warga Desa Jatiwates Kecamatan Tembelang, Jombang Jawa Timur. Sebanyak 6 kerangka mayat ditemukan saat pembongkran, Senin (28/7) kemarin.

Pembongkaran dan rekontruksi dipimpin langsung Kombes Rusli Nasution, Direktur Reskrim Polda Jatim. Hadir juga Direktur Reskrim Polda Metro, Kombes Carlo Tiwu dan timnya, serta Kepala Puslabfor Polda Jatim, Kombes Pol Wahyu.
Keenam kerangka itu diduga adalah mayat, Nany Hidyati (32) bersama anaknya, Silvia (3) warga Jombang, yang dikubur di saptitank, Moh zainul Abidin Alias Zaki ( 21) Dapurkejambon Jombang, Agustinus Styawan (28) Jombang, Fauzin Suyanto (28).
Sebelum pembongkaran dilakukan, petugas melakukan rekrontruksi pembunuhan yang dilakuakn Ryan terhadap korban-korbannya. Pembunuhan dilakukan dengan memukul korban memakai linggis dan kemudian setelah tak berdaya diseret serta dikubur di halaman belakang rumah pelaku. Hingga kini belum ada keterangan resmi dari tim gabungan Polda Jatim dan Polda Metro Jaya.
Dengan ditemukan enam mayat korban dipekarang rumah orang tua Ryan di Dusun Maijo Desa Jatiwates, berarti sudah 10 korban hingga kini telah ditemukan. Setelah dalam pembongkaran pertama empat korban terlebih dahulu diangkut petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polda Jatim dibantu petugas Polres Jombang seminggu lalu.
Kapolres Jombang AKBP. M.Khosim menuturkan, penemuan keenam jasad tersebut hasil pengembangan kasus terdahulu. “Dari keterangan pelaku, keenam jasad itu memang jasad enam orang yang disebut tadi," terang ditemui di lokasi.
Khosim, menambahkan dari hasil tes kesehatan yang dilakukan, terangksa termasuk orang sehat, tidak mempunyai kelainan. Sebab, di depan petugas yang bersangkat ingat betul lokasi kejadian dan cara penyiksaannya. “Dia mengaku terus terang mengatakan tidak mau mengubur korban di dalam rumahnya, karena tempat tinggalnya. Makanya para korban itu dikubur di luar rumah semua,” jelasnya.
Pembongkaran mayat korban kebiadaban Ferry Idam Heryansah alias Ryan, di Dusun Maejo, Desa Jatiwates, Kec. Tembelang, dibanjiri ribuan massa. Massa sejak pagi berdesakan ingin mendekat ke lokasi kejadian. Saking banyaknya massa yang ingin menyaksikan wajah Ryan dan rekontruksi, polisi kewalahan menghalau warga yang datang dari berbagai penjuru desa. Bahkan semua pintu masuk menuju Desa Jatiwates ditutup oleh Polisi lalu lintas yang berjaga di setiap gang. Polisisi sedkikitnya menurunkan sebanyak 250 personel untuk mengamankan jalannya rekontruksi dan pembongkaran tersebut.ramadlan

Tidak ada komentar: