Rabu, 30 Juli 2008

Suyanto- Widjono Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilbup

Golpot Ungguli Dua Cabup
Jombang,bhirawa
Pasangan Suyanto- Widjono hari ini ditetapkan sebagai pemenang pilkada kabupaten Jombang oleh KPU kabupaten. Hal ini menyusul telah selesainya rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten. Pasangan Suyanto- Widjono hingga rekapitulasi terakhir unggul dari dua pasangan lain dengan perolehan suara sebanyak 353.255 suara.
” Besuk (hari ini, kamis) KPU akan melakukan pleno untuk menetapkan siapa pemenang pilkada 23 Juli lalu,”ujar Ketua Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU Kabupaten Jombang, Medan Amrullah, dihubungi melalui handphonenya, Rabu (30/7).

Medan menambahkan, hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten sudah rampung semua dan kini pihaknya bersama anggota KPU lain, Sayekti Suindah sedang mengantarkan hasil repatitulasi penghitungan suara tersebut ke KPU Propinsi Jatim. ” Ini kita sekarang menuju KPU propinsi,”tambahnya.
Sementara itu, dari hasil rekapitulasi di KPU kabupaten diketahui dua pasangan calon lain yakni pasangan Nyono- Halim yang diusung Partai Golkar, PKS dan PKB serta pasangan Soeharto- Mujib yang diberangkatkan Partai Demokrat bersama sebelas partai non parlemen perolehan suara mereka kalah dengan golput yang mencapai 281. 293 pemilih.
Dari hasil rekapitulasi yang telah diselesaikan diketahui dari 961.945 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebagai pemilih dalam pilbup, sebanyak 680. 652 warga yang menggunakan hak pilihnya dengan rincian, sebanyak 631.715 suara dinyatakan sah, dan 48 937 suara dinyatakan tidak sah.
Pasangan Suyanto- Widjono memperoleh sebanyak 353.255 suara atau 56 persen, disusul pasangan Nyono-Halim dengan perolehan sebanyak 241.678 suara atau 38 persen dan pasangan Soeharto- Mujib menempati nomor urut terakhir dengan perolehan 36.781 suara atau 6 persen.” Total suara sah yang masuk sebanyak 631.715 dan yang tidak sah sebanyak 48 937, dari DPT sebanyak 961.945 pemilih,”tambahnya.
Dengan ditetpakkannya, pasangan yang diberangkatkan PDIP ini, calon bupati dan wakil bupati Jombang, Suyanto – Widjono Soeparno bisa dipastikan akan memimpin Jombang kembali untuk lima tahun kedepan yakni 2008-2013. Dan ini merupakan sejarah baru, pasalnya di kabupaten Jombang tidak pernah ada bupati yang menjabat dua periode.
Suyanto sebelumnya adalah wakil bupati selama tiga tahun, mendampingi bupati Affandy, kemudian menjabat bupati bersama Drs Ali fikri sejak 2003-2009 dan kini menang dalam pilkada yang untuk pertama kalinya diselengarakan secara langsung Jombang pada 23 Juli lalu. Rur

Tidak ada komentar: