Kamis, 24 Juli 2008

UNGGUL DI 19 KECAMATAN


Pasangan Suyanto- Widjono Dipastikan Menang
Jombang, Bhirawa
Meski belum keseluruhan data TPS yang masuk di KPU, namun bisa dipastikan calon bupati dan wakil bupati Suyanto- Widjono menang telak. Pasalnya, pasangan yang berangkatkan PDIP ini menguasai 19 dari 21 kecamatan di kabupaten Jombang.

Kemenangan Suyanto –Widjono yang juga incumbent ini atas kedua pasangan lain terlihat dari data yang telah masuk PDE dan Media Centre KPU Jombang, Kamis (24/7) sore kemarin. Perolehan suara yang di raup pasangan nomor urut 3 ini sebanyak 290.582 suara disusul pasangan nomor urut 1, Nyono- Halim dengan perolehan suara sebanyak 193.059. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Soeharto- Mujib memperoleh sebanyak 30.802 suara.
Dua kecamatan yang dimenangkan Nyono-Halim adalah Kecamatan Megaluh dan Perak. Namun, kemenangan pasangan yang diusung Partai Golkar, PKB dan PKS ini selisihnya sangat tipis, hanya berkisar puluhan suara.
Sekedar diketahui, para calon bupati dan wakil bupati nampak berusaha membuktikan bisa unggul di TPS masing masing. Suyanto misalnya di tempat dia mencoblos, TPS 01 Kelurahan Kaliwungu kecamatan Jombang meraup suara sebanyak 153, disusul Nyono- Halim dengan 70 suara sedangkan pasangan Harum hanya memperoleh 20 suara. Begitu pula yang terjadi di TPS IV kelurahan Kepanjen tempat cawabup Widjono mencoblos, calon dari PDIP ini mendulang suara sebanyak 166 suara, Nyono –Halim 119 suara dan Harum mendapat 42 suara.
Kemenangan serupa juga terjadi di TPS 5 Desa Spanyul tempat tinggal cabup Nyono Suharli, yang meraup 434, pasangan Suyanto- Widjono memperoleh 7 suara dan pasangan Harum dengan 2 suara. Begitu pula di TPS IV Desa Deanyar Jombang dimana Halim mencoblos. Nyono- Halim meraup 318 suara, pasangan Suyanto- Widjono 62 suara dan pasangan Soeharto-Mujib dengan 9 suara.
Sementara menurut Tim pemenangan Suyanto-Widjono, Bahana Bella B yang juga sekretaris PDIP menyatakan, suara yang telah masuk melalui saksi-saksi pasangan ToNo menyebutkan pasangan nomor urut 3 sebanyak 350 ribu lebih, pasangan Nyono-Halim memperoleh sebanyak 240 ribu lebih dan pasangan Harum mendulang sebanyak 35 ribu suara.” Alhamdulillah kemenangan sudah didepan mata, ini adalah amanat rakyat, untuk kepercayaan yang diberikan kepada ketua DPC PDIP, Suyanto,”tuturnya.
Ketua Pokja Penghitungan Suara KPU Jombang, Medan Amrullah, dihubungi Kamis (24/7) menjelaskan, jumlah TPS yang sudah menyetorkan data rekapitulasi perolehan suara Pilbup sebanyak 1.661 TPS dari 2.029 TPS atau sekitar 80%. Sisanya diharapkan hari ini sudah masuk ke KPU.
Medan juga menambah belum masuknya data dari beberpa TPS, karena dimasing-masing kecamatan mengalami trouble.” Ada beberapa system dan perangkat yang trouble, sehingga sekarang macet,”ujarnya.
Masih menurut medan, sesuai jadwal, penghitungan manual akan dilakukan 25-27 Juli di PPK atau tingkat kecamatan. Sedangkan di KPU akan dilakukan 28-29 Juli. Untuk penetapan pasangan calon yang memenangkan Pemilu Bupati rencananya akan diumumkan 31 Juli.
Dari data suara yang telah masuk berdasarakan data TPS yang telah masuk, pasangan Suyanto-Widjono memperoleh sebanyak 56 persen, disusul pasangan Nyono- Halim 38 persen dan pasngan Soeharto-Mujib memperoleh sebanyak 6 persen suara. Sedangkan dari total 961.945 yang mempunyai hak pilih, diperkirakan yang tidak menggunakan hak pilih alias golput sekitar 30%.(ramadlan)

-----

Data Perolehan Suara Hingga Pukul 15.00 WIB :
Jumlah Pemilih : 961.945 orang
Jumlah TPS : 2.029 buah
Perolehan Suara Pasangan :
1. Nyono Suherli-Abdul Halim Iskandar : 193.059 (38%)
2. Soeharto-Mudjib Mustain : 30.802 (6%)
3. Suyanto-Widjono Soeparno : 290.582 (58%)

Tidak ada komentar: