Minggu, 07 September 2008

Masih Diminati

715 Caleg Bakal Merebut 50 Kursi DPRD
Jombang, Bhirawa
Duduk sebagai wakil rakyat di DPRD ternyata masih banyak diminati, bahkan bisa menjadi rebutan. Hal ini terlihat dari membludaknya pendaftar sebagai calon legislative (caleg) yang kemarin berkasnya dikemablikan KPU pada masing-masing partai peserta pemilu legislative 2009 mendatang.
Dari 50 kursi DPRD yang disediakan untuk pileg 2009 bakal diperebutkan sebanyak 715 calon legislative. Mereka dari 36 parpol yang telah lulus dan sah mengikuti pemilu 2009 mendatang.

” Ada tambahan 5 kursi, jika sebelumnya hanya 45 kursi pada pileg 2004 lau untuk 2009 mendtang sebanyak 50 kursi. Ini karena adanya pertambahan penduduk,”ujar minan Rahman anggota KPU Jombang menuturkan.
Minan menambahkan, dari 715 caleg tersebut kini semuanya dikembalikan pada masing-masing partai yang memberangkatkan. Karena ada beberapa berkas dan persyaratan yang kurang dan harus dipenuhi.”Seperti keterlibatan 30 persen perempuan, dan juga peletakan nomor urut bagi caleg perempuan juga dipertimbangkan,”tandasnya. Beberpa caleg juga belum mmenuhi surat SKCK, Kesehatan.
Ketua Pokja pencalonan ini mengatakan, KPU memberikan batas akhir perbaikan kelengkapan berkas pada semua caleg hingga tanggal 16 September mendatang. ”Mereka bisa dicoret jika hingga batas akhir perbaikan belum melengkapinya,”,”ujar Minan menambahkan.
Dalam waktu proses perbaikan ini, lanjutnya partai politik diminta melengkapi kuota perempuan 30 persen, disamping juga menyusun daftar nomor urut bagi caleg perempuan pada nomor satu hingga tiga.” kalau nomor satu caleg laki-laki maka nomor dua atau tiga harus perempuan begitu sebaliknya,”jelasnya.
Minan juga menjelaskan bahwa saat perbaikan partai politik juga bisa dan mengubah dan menambah caleg.” Asalkan tidak melebihi dari 120 persen dari atah kursi yang tersedia di daerah pemilihan,”tuturnya seraya mencontohkan untuk Dapil I yang meliputi Jombang dan Peterongan, misalnya jatah kursinya sebanyak 8 maka caleg yang diajukan partai tidak boleh lebih dari 10 caleg. rur

Tidak ada komentar: