Kamis, 11 September 2008

Presiden Dorong Perajin Pinjam KUR


Rp 5 Triliun Belum Terserap
Jombang, Bhirawa
Presiden SBY menndorong para pengusaha kecil untuk mengajukan permodalan melalui kridit usaha rakyat (KUR) yang telah dikucurkan pemerintah. Pasalnya hingga kini Kridit Usaha Rakyat yang digelondorkan pemerintah yang masih belum terserap sebanyak Rp 5 triliun.
Demikian yang dikatakan presiden SBY saat berdialog dengan perajin manik-manik dan petani asal Desa Plumbon Gambang Gudo kabupaten Jombang, kamis (11/9) dibalai desa setempat. "Dari Rp 14 Triliun yang dikucurkan pemerintah untuk pinjaman usaha kecil ini, sudah terserap Rp 9 triliun. Dan sisanya masih Rp 5 Triliun hingga kini belum terserap,"kata presiden menjelaskan.
Dalam kesempatan itu SBY juga berjanji membantu perajin manik-manik berbahan limbah kaca tersebut bisa lebih meningkat dalam bidang produksi dan pemasaran. Hal ini menjawab permintaan kelompok perajin yang disampaikan ketua kelompoknya, Prayit saat berdialog.
Permintaan perajin disanggupi presiden dengan memberikan bantuan alat pemotong kaca agar hasil keraijan manik-manik lebih baik. ” Soal pemotong kaca akan kita bantu agar lebih bagus kerajinanannya, dan bisa bersaing dengan produksi luar negeri, ”tandas SBY seraya mengatakan soal pemasaran itu menteri yang akan mencarikan dan mengkomunikasikan.
Dalam kunjungan kerjanya kemarin presiden yang didampingi Ny Ani Yudhoyono, Menhub Jusman Syafii Djamal, Menkokesra Aburijal Bakri, Menkeu Sri Mulyani, Menristek M Nuh, Mensesneg Hatta Rajasa nampak cukup terkesan. SBY sempat melihat secara langsung proses pembuatan manik-manik yang kini telah merambah hingga manca negara tersebut.
Para perajin dengan alat tradisional mengolah bahan baku dari limbah kaca dan membentuknya menjadi manik-manik berbagai jenis, bentuk dan ukuran sesuai selera pemesan. Manik-manik yang kini sedang digemari dipasaran dalam negeri seperti bali, Jogja dan kalimantan adalah berupa Gelang, Kalung hingga Tasbih cantik.
Sebelum beranjak menuju Petrokimia Gresik, Presiden juga sempat meninjau irigasi di Desa setempat yang dikeluhkan petani. Disamping itu SBY bersama Ny i Yudhoyono juga membagikan sebanyak 1000 paket sembako kepada warga Desa Plumbon Gambang Gudo. Rur

Tidak ada komentar: