Rabu, 24 September 2008

Setia : Prioritaskan Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran


Jombang, Bhirawa
Setia Purwaka Pj Gubernur Jawa Timur meminta bupati dan wakil bupati Jombang lebih memprioritaskan pembangunan dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran yang kini juga menjadi prioritas pembangunan pemprop Jatim.
Hal ini disampaikan Setia, saat melantik bupati dan wakil Bupati Jombang, Drs. H Suyanto - Widjono Soeparno, M.Si di gedung DPRD Jombang, Rabu (24/9). Dikatakan pengganti Imam Utomo ini sesuai dengan data BPS menyatakan bahwa kemiskinan di Kabupaten masih tercatat sebanyak 210.466 jiwa pada tahun 2007 ini. Sedangkan angka Penganguran tercatat sebanyak 45.288 jiwa. “ Kedepan kita harapkan agar upaya penanggulangan kemiskinan dan pengentasan pengangguran harus berjalan lebih efektif,”pintanya.

Meski menyatakan bahwa angka kemiskinan di kabupaten Jombang sudah mengalami penurunan sebanyak 30 persen dibanding pada tahun 2006. begitu pula dengan angka pengangguran juga mengalami penurunan yang sebelumnya tercatat sebesar 56.422 jiwa pada yang sama.
Namun Setia Purwaka memberikan PR pada bupati dan wakil bupati yang menjabat dua periode ini agar lebih mengembagkan beberpa hal penting terkait ketenagakerjaan. “Bagaimana mendorong pertumbuhan industri ramah tenaga kerja local, Pemkab juga perlu mendorong usaha mandiri, memberikan bantuan usaha ringan, untuk mempercepat upaya pengurangan kemiskinan dan pengangguran,”tandasnya.
Dalam pelantikan bupati Suyanto dan wakil bupati Widjono Soeparno, ada sedkit yang ganjil, pasalnya pelantikan itu tanpa dihadiri oleh mantan bupati Ali fikri. Informasinya Ali Fikri yang menjabat bupati selama empat bulan menggantikan Suyanto tidak hadir karena sedang menjalani ibadah Umrah. “ Informasinya seperti itu, karena beliau sekarang sedang menjalani ibadah Umrah. Jadi beliau tidak bias dating,”tutur sumber di DPRD Jombang. Rur


Tidak ada komentar: