Senin, 06 Oktober 2008

Pilkada Usai, PPS Belum Dibayar

BUPATI PUN SUDAH DI LANTIK
Jombang, Bhirawa
Sudah hampir tiga bulan Pemilihan kepala daerah kabupaten Jombang usai. Bahkan bupati dan wakil bupati terpilih telah dilantik oleh Pj Gubernur Jatim, 24 September lalu. Namun sebagian Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa belum menikmati hasil keringatnya alias belum terbayar.


Salah satu PPS yang belum menerima honor adalah PPS Desa Tondowulan Kecamatan Plandaan. Sudah tiga bulan honor sebagai panitia pilkada di tingkat desa belum diterima.” Yang terakhir honor PPS yang kita terima bulan Juni, selanjutnya hingga kini belum menerima,”ujar Abdurrahman ketua PPS kepada bhirawa, Senin (6/10).
Pihaknya mengaku tidak mengetahui mengapa honor panitia pilkada kabupaten Jombang yang dilaksanakan 23 Juli lalu berbarengan dengan pilgub Jatim hingga kini belum terbayar. Padahal lanjutnya laporan kegiatan dan keuangan sudah selesai dikerjakan. “ Tidak tahu apakah memang dari KPU nya atau PPK nya yang molor,”imbuhnya.
Abdurrahman mengatakan meski honor PPS nilainya tidak seberapa, namun bagi masyarakat desa, uang kehormatan yang merupakan hasil kerja selama pelaksanaan pilkada sangat berarti. “Apalagi menjelang lebaran kemarin, dan hampir semua PPS di kecamatan Plandaan belum menerima. Padahal kita sudah dilantik kembali menjadi PPS pemilu 2009,”tandasnya seraya mengatakan honor PPS untuk ketua sekitar Rp 130 ribu sedangkan anggota Rp 120 ribu.
Di konfirmasi terpisah, anggota KPU kabupaten Jombang, Sayekti membenarkan adanya PPS yang belum menerima honor. Namun dikatakannya pihaknya tidak mengetahui alas an keterlambatan pencairan honor sebagian PPS tersebut. “ Informasinya di PPK belum terbentuk bendahara PUMKnya sehingga honor belum bias di cairkan. Coba Tanya langsung ke secretariat atau bendahara KPU,”pintanya.
Seperti diketahui, pilkada kabupaten Jombang yang diikuti tiga kontestan dilaksanakan pada 23 Juli berbarengan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim. Bahkan pasangan Suyanto- Widjono yang diusung PDIP dinyatakan sebagai pemenang sudah dilantik oleh Pj Gubernur Jatim, Setia Purwaka pada 24 September lalu melalui Paripurna DPRD setempat. Rur

Tidak ada komentar: