Rabu, 08 Oktober 2008

Tiga Kades dan Satu Sekdes Tercatat di DCS


Belum Lampirkan Ijin Bupati
Jombang, Bhirawa
Hingga hari terakhir, Rabu (8/10) batas pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) Calon legislative yang diumumkan, KPU tidak menerima koreksi dari masyarakat terkait daftar calon legislative. Namun KPU menemukan sebanyak 3 kepala desa dan satu perangkat ikut mendaftarkan sebagai calon legislative

“Aturannya, kalau kepala desa ikut mendaftarkan sebagai calon legislative harus menyertakan surat ijin dari bupati untuk berhenti sementara sebagai kades,”ujar Minan rahman ketua Pokja pencalonan KPU kabupaten jombang dihubungi, rabu (8/10).
Minan menambahkan berbeda dengan kades, perangkat desa saat mencalonkan sebagai caleg dikatakannya tidak berhenti sementara akan tetapi harus mundur sbegai perangkat. “ Semuanya hingga kini belum melampirkan surat ijin maupun pengunduran diri sebagai perangkat. Dan surat itu harus sudah dilampirkan sebelum ditetapkan sebagai DCT,”tandasnya.
Ketiga kades yang terdaftar dalam DCS itu adalah, Wulang Suhardi kades pelabuhan Plandaan, Harun bashori Kades Sambong dukuh Jombang dan Shodiqin kades Sumberagung Peterongan. Ketiga kades ini mendaftar melalui PDIP.
Wulang Suhardi tercatat sebagai caleg nomor urut 2 dari daerah pemilihan 6 meliputi kecamatan Ploso, Kabuh, Plandaan, Ngusikan dan kudu. Dua kades lainnya yakni Harun Bashori kades Sambongdukuh Jombang mendapatkan nomor urut 10 dan Shodiqin kades sumberagung Peterongan mendapat nomor urut 9 keduanya sama-sama berangkat dari daerah pemilihan I meliputi kecamatan Jombang dan Peterongan.
Semenatara satu perangkat desa, yakni Dodik Nur Syahadah yang kini masihtercatat sebagai sekretaris desa Brambang Gudo tercatat dengan nomor urut satu berangkat dari Partai Golkar daerah pemilihan 2 meliputi kecamatan Diwek-Jogoroto dan Sumobito.
Terkait surat ijin dari bupati ini, Kepala bagian pemerintahan, Fachrudin Widodo belum bisa dikonfirmasi. Saat di datangi diruangan yang terletak di lantai dua pemkab Jombang, nampak sepi. Bahkan meja-meja kerja beberapa pegawai nampak kosong meski jam kerja masih menunjukkan pukul 13 15 WIB.” Bapak sedang rapat, dan itu bagian bu Wur, (soal ijin kades mendaftar caleg). Tapi beliau tidak mau menemui sedang repot, “ujar Sri Windarti salah satu pegawai bagian pemerintahan. rur


Tidak ada komentar: