Kamis, 14 Agustus 2008

Harga Minyak Tanah Mulai Naik

Khawatir Kenaikan Harga, Pedagang Perbanyak Stok

Jombang, Bhirawa
Beban masyarakat atas kenaikan harga kebutuhan pokok nampaknya akan terulang. Pasalnya harga Minyak tanah kini kembali mulai menanjak naik. Beberapa agen minyak tanah mengaku jika mulai hari ini harga mitan merangkak naik. Kenaikan itu sekitar Rp.100/liter.
Sebelumnya, harga mitan di pasaran per-liter Rp.3000,- namun mulai hari ini, Rabu (13/08/2008) harga itu berubah menjadi Rp.3100/liter. “Bahkan harga di eceran ada yang mencapai Rp 3500/liter,” tambah Joko, salah satu pemilik agen mitan.

Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok saat bulan Ramadlan diakui Edy Supangat, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Peridagkop Jombang. “Ada kemungkinan harga akan terus meningkat karena biasanya banyak masyarakat yang membutuhkan,” kata dia Kamis (14/8) siang.
Sementara itu, menjelang bulan suci Ramadhan, sejumlah pedagang beras di pasar legi Jombang mulai melakukan penyimpanan stok. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga di pasaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, datangnya bulan ramadlan diperkirakan bakal berpengaruh pada harga kebutuhan bahan pokok. Menanggapi kemungkinan tersebut beberapa pedagang berinisiatif menimbun beberapa stok barang agar tidak terjadi kelangkaan.
Salah seorang pedagang di Pasar Legi Jombang M Shokeh (65), mengaku, saat ini ia sudah melakukan penimbunan beras sebanyak 5 ton sebagai upaya jaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok. Menurutnya, penimbunan yang ia lakukan tersebut, lebih untuk jaga-jaga kalau dimungkinkan ada kelangkaan beras.
“Ini selalau dan sering terjadi kalau menjelang puasa, beras langka dan harganya terus naik, Ya kalau tidak punya stok banyak bagaimana saya bisa jualan.” ujarnya, Rabu (13/8/2008) Siang.
Meski demikian, Shokeh mengaku jika saat ini harga beras di wilayah Jombang masih relatif stabil. Untuk beras jenis bramo super dipasaran masih berkisar Rp,5.400/kg. Sedangkan untuk jenis serang jauh lebih murah yakni Rp.4.800/kg. ” Tapi dalam satu dua minggu ini nampaknya kenaikan itu akan terjadi,”ujar pedagang lain menuturkan.rur



Tidak ada komentar: