Rabu, 06 Agustus 2008

KPU Serahkan Hasil Pilkada Ke DPRD


Medan Amrullah ketua pokja penghitungan KPU saat menyerahkan hasil penetapan pilkada pada pimpinan DPRD, Marsaid pada paripurna kemarin.



Paling Lambat Tiga Hari Diusulkan ke Gubernur
Jombang, Bhirawa
Hasil penghitungan suara pemilihan kepala daerah yang telah ditetapkan KPU beberapa waktu lalu, Rabu (6/8) diserahkan pada DPRD melalui rapat paripurna. Selanjutnya DPRD akan mengusulkan penetapan calon terpilih sebagai bupati dan wakil bupati kepada Mendagri melalui Gubernur paling lambat tiga hari.
Penyerahan hasil penetapan pemenang pilkada Jombang, diserahkan oleh ketua Pokja penghitungan KPU Kabupaten, Medan Amrullah dan diterima pimpinan DPRD, H Marsaid. Bersama hasil penetapan tersbut juga berita acara yang telah ditandatangai msing-masing tim pasangan calon. “ Kewajiban KPU untuk menyerahkan hasil penetapan pilkada kepada DPRD, Selanjutnya adalah kewenangan atau tugas DPRD untuk mengusulkan kepada Mendagri atas penetapan calon hingga dilantik menjadi bupati,”ujar Medan Amrullah usai penyerahan di Gedung DPRD.

Hasil penetapan pemenang pilkada kabupaten Jombang, setelah diserahkan pada DPRD segera akan dikirim ke Mendagri. “ Setelah kita terima, selambat-lambatnya tiga hari, DPRD akan mengajukan calon terpilih pada mendagri melalui gubernur,”terang Lukman Oesin salah satu pimpinan DPRD, hal ini sesuai dengan PP 6/ 2005.
Proses selanjutnya, lanjut anggota dewan dari partai golkar ini, hasil penetapan pemenang pilkada yang telah disampaikan pada Mendagri dalam kurun waktu 30 hari calon terpilih akan disahkan oleh presiden menjadi bupati dan wakil bupati melalui Mendagri. “ Dan akan dilakukan pelantikan terhadap bupati terpilih ini pada tanggal 24 September sesuai dengan habisnya masa jabatan bupati sekarang,’tandasnya.
Seperti diketahui, hasil penetapan KPU atas perolehan suara ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati pada 31 Juli lalu, pasangan Suyanto- Widjono ditetapkan sebagai pemenang pilkada 23 juli lalu. Pasangan yang diusung PDIP memperoleh suara sebanyak 353. ribu suara lebih atau 56 persen suara. ramadlan

Tidak ada komentar: