Senin, 18 Agustus 2008

KPU Hanya Terima Caleg PKB Muhaimin

H- 1 Pendaftaran Caleg Masih Sepi

Jombang, Bhirawa
Hingga H-1 pendaftaran calon legislative, Senin (18/8) sore kemarin belum satupun partai politik di kabupaten Jombang yang mendaftarkan calon legislativenya di KPU kabupaten. Pendaftaran caleg untuk pemilu 2009 bakal ditutup hari ini, Selasa (19/8) pukul 24.00 WIB.
“Hingga pukul 16.00 WIB belum ada partai yang memasukkan daftar caleg mereka, kemungkinan besar mereka mengajukan pendaftaran besuk. Karena besuk merupakan pendaftaran terakhir, ” terang Minan Rahman ketua Devisi pencaloan, verifikasi peserta pemilu dan pemutakhiran data pemilih KPU kabupaten Jombang dihubungi melalui telepon.

Minan menambahkan partai peserta pemilu 2009 di kabupaten Jombang yang telah terdaftar sebanyak 32 parpol. ”Sementara untuk yang 4 parpol yang telah dinyatakan ikut hingga kini belum mendaftarkan ke KPU kabupaten,’tandasnya.
Sementara terkait dualisme kepengurusan PKB, KPU kabupaten Jombang bisa dipastikan hanya menerima pendaftaran calon legislative dari PKB kubu Muhaimin, hal ini sesuai surat dari KPU pusat kepada KPU kabupaten beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa yang PKB yang tercatat di Departemen Hukum dan HAM adalah PKB hasil Muktamar Semarang dengan ketua umum Muhaimin Iskandar dan sekjen Lukman Edy.” Kita mengacu pada surat KPU bahw ayang terdaftar di menkumham dan yang sah adalah hasil Muktamar semarang dan itu yang kita terima nantinya,’ujar ketua KPU Erfan Efendy.
Sementara itu, di kabupaten Jombang PKB kubu Gus Dur yang dipimpin H Basyaruddin Shaleh juga menerima pendaftaran calon legislative. Hingga kinitercatat sebanyak 38 caleg yang telah mendaftar.” Rencananya hari ini para caleg bakal mendftarkan ke KPU bersama-sama,”ujar Dharil Kamal, salah satu ketua DPAC Ngusikan yang juga juru bicara 19 DPAC PKB menuturkan.
Sebanyak 38 caleg itu berasal dari 19 DPAC PKB yang mendapatkan SK yang dikeluarkan oleh DPW PKB pimpinan R Fuat Amin dan Hasan Aminudin. “SK kita inii sah, karenanya besuk (hari ini ) kita akan mendatangi kantor KPU bersama-sama,’imbuhnya.
Sedangkan, DPC PKB pimpinan Halim Iskandar yang juga kakak kandung Muhaimin seperti yang diberitakan bhiraa beberpa waktu lalu, telah menerima pendaftaran caleg sebanyak 42 orang. 12 diantaranya adalah perempauan. Mereka juga telah menjalani uji kompetensi sebagai calon legislative.


Tidak ada komentar: