Rabu, 20 Agustus 2008

Partai Merdeka Tak Daftarkan Caleg


Jombang, Bhirawa
Partai Merdeka satu-satunya partai politik yang tidak mendaftarkan calon legislatif (Caleg) nya di KPU kabupaten Jombang. Pasalnya hingga pukul 24.00 WIB, Selasa (19/8) yang merupakan hari penutupan pendaftaran caleg, partai yang didirikan mantan menteri koperasi era orde baru, Adi Sasono ini tak terlihat muncul.
”Sebenarnya kita mau mendaftar tapi waktunya telat, ini masih nego jadwal pada KPU,”ujar Juari ketua Partai Merdeka dihubungi melalui telepon, Rabu (20/8).


Sementara itu, menjelang penutupan pendafataran kemarin sempat terjadi ketegangan ditubuh partai golkar. Pasalnya hingga detik-detik terakhir penutupan, berkas 34 caleg belum ditandatangi oleh sekretaris partai berlambang beringin, Dodik Nursyuhada. ”Setelah dijempat paksa, Dodik akhirnya datang dan menandatangi berkas caleg partai golkar,”ujar kader Golkar yang enggan namanya dikorankan.
Masih menurut sumber di Golkar, sekretaris partai golkar Jombang ini enggan tandatangan karena kecewa terhadap beberepa elit partai dalam pelaksanaan pilkada beberapa waktu lalu yang disinyalir tidak maksimal mendukung kadernya, Nyono Suharly yang mencalonkan sebagai bupati.
Akibatnya kader golkar ini kalah dalam perebutan Jombang satu. Ada masalah pribadi sebenarnya, terutama menyangkut pilbup satu bulan lalu. Pak Dodik kecewa karena sebagian besar pengurus DPD Jombang tidak mendukung calon yang nobene diusung oleh Golkar. Untuk memberi pelajaran kepada jajaran pengurus, pihaknya tak mau memberikan tanda tangan. Akhirnya kami menjemput paksa," imbuh seorang sumber lain yang ikut menjemput Dodik.
Ketua DPD Partai Golkar, Hendy Widyawan, dikonfirmasi terpisah, membenarkan jika kadernya yang berjumlah 34 hampir gagal menjadi caleg, karena belum ada tanda tangan sekretaris. Namun Hendy mengelak jika sekretarisnya, Dodik Nursyuhada, menghilang lantaran kecewa dengan seluruh pengurus. "Tidak ada masalah serius, ini hanya dinamika partai. Mungkin pak Dodik sedang dolan sehingga lupa kalau waktunya tanda tangan,”jelasnya.
Sementara itu, meski sudah ditutp masa pendaftaran Caleg dari Parpol peserta pemilu 2009, Namun KPUD Jombang hingga Rabu siang (20/8) masih belum bisa menyebutkan berapa total jumlah Caleg yang akan bertarung memperebutkan 50 kursi DPRD di Jombang.” Kita masih belum tahu persis berapa total jumlah Caleg yang kemarin didaftarkan oleh masing-masing Parpol. Saat ini kita masih lakukan rekapitulasi, tunggu saja dua sampai tiga hari lagi," terang Minan Rahman Ketua Divisi Pecalonan dan Verifikasi,serya mengatakan pihaknya baru bisa mengetahui jumlah Caleg dengan pasti kira-kira dua sampai tiga hari. rur

Tidak ada komentar: